Cara Membuat Batas Daerah Penelitian (Kavling Penelitian) di MapInfo

Hai teman-teman! Sesuai judul di postingan blog kali ini, saya akan membahas bagaimana caranya membuat batas daerah penelitian (kavling penelitian) di program MapInfo.

Kavling penelitian biasanya diberikan berupa koordinat area penelitian beserta luas daerahnya. Maka dari itu, suatu acuan letak geografis dibutuhkan terlebih dahulu untuk meletakan kavling penelitian diatas peta yang sudah memiliki nilai koordinat, baik itu peta RBI, peta geologi, atau peta-peta lainnya. Dalam dunia GIS, hal itu disebut dengan register/ georeferencing peta. Teman-teman bisa melihat bagaimana cara untuk me-register peta disini. Selanjutnya, kita tinggal membuat layer baru untuk kavling penelitian diatas peta yang sudah di-register tersebut.

Bagi teman-teman yang baru me-register peta melalui link ini, kalian tinggal mengikuti langkah selanjutnya yang akan saya bahas di postingan ini. Dan bagi teman-teman yang sudah me-register peta sebelumnya, kalian buka saja dulu file yang sudah kalian buat, kemudian mengikuti langkah yang sama pada postingan ini.

Oh iya, saya paka software MapInfo versi 12 yaa. Mari kita mulai!

1. Ini tampilan awal peta RBI yang sudah di-register.

langkah 1

Untuk membuat kavling penelitian, kita harus membuat layer baru terlebih dahulu diatas layer register peta RBI agar layer tersebut terpisah. Tujuannya agar setiap layer memiliki fungsi masing-masing dan menghindari terjadinya tumpang tindih fungsi. Hal tersebut akan memudahkan kita untuk proses layer editing lebih lanjut.

2. Cara membuat layer baru. Pertama klik di toolbar File –> New Table… atau ketik Ctrl + N. Kotak dialog New Table akan terbuka. Kemudian, pada opsi “Create New Table and:” berikan tanda checklist pada kotak pilihan “Add to Current Mapper” dan unchecklist pilihan Open New Mapper”. Hal ini bertujuan agar layer baru yang kita buat akan menampal/ meng-overlay layer yang sudah ada pada satu lembar kerja yang sama. Pada opsi “Table Structure” biarkan pada opsi default-nya, yaitu “Create New” karena memang kita ingin membuat layer yang baru, bukan menggunakan layer yang sudah ada. Jika sudah, klik “Create”.

langkah 2

3. Kemudian akan muncul kotak dialog New Table Structure. Pada opsi “Field Information”, ketik di kotak “Name:” tanpa ada spasi jika kita ingin nama layer-nya lebih dari satu kata. Misal, kita berikan saja nama pada kotak tersebut dengan “kavling_penelitian”. Opsi “Type” dan “Width” biarkan saja pada opsi default-nya. Lalu, kita berikan tanda checklist pada kotak pilihan “Indexed”. Jika sudah, klik “Create” pada bagian bawah kotak dialog. Kemudian kotak dialog untuk mengonfirmasi penyimpanan layer tadi akan muncul. Simpanlah layer tersebut di folder yang sama dengan folder tempat penyimpanan peta RBI untuk memudahkan manajemen data. Berikan nama file di kolom “File name:” dengan nama yang sama (“kavling_penelitian”) dan biarkan kolom “Save as type:” pada keadaan default (disimpan dalam format MapInfo (*.tab)).

langkah 3

4. Layer baru akan muncul di kolom Layer Control di bagian kiri. Untuk bisa meng-edit layer tersebut, pastikan opsi “Editable” dan “Selectable:” dalam keadaan “On”. Kita buat kotak baru untuk kavling penelitian menggunakan “Rectangle” di Icon Bar. Buat kotak sembarang dengan men-drag mouse. Dan suatu kotak baru akan muncul.

langkah 4

5. Kita bisa meng-edit kotak tersebut dengan meng-klik nya dua kali atau melalui toolbar Option –> Region Style… (Ctrl + F8). Maka kotak dialog Rectangle Object akan muncul.

Isikanlah pada setiap kotak pilihan yang ada dengan koordinat dan luas daerah yang sudah ditentukan. Bagi mahasiswa Geologi, biasanya koordinat dan luas daerah penelitian ini sudah ditentukan oleh dosen pembimbing atau ketua jurusan. Kita hanya tinggal mengisikannya saja.

langkah 5

6. Koordinat dan luas kavling daerah penelitian sudah diisi. Kemudian kita ingin agar kotak kavling yang ada menjadi transparan agar kita dapat melakukan pekerjaan didalam kotak tersebut. Caranya, dari kotak dialog Rectangle Object, klik bentuk geomteri di kolom “Style:”. Maka kotak dialog Region Style akan muncul. Pilih dan atur sesuai keinginan. Karena kita ingin agar kotak kavling kita transparan, maka pada opsi “Pattern” kita pilih opsi “None/ A1”. Untuk pilihan “Border” atau batas dari geometri itu seperti apa ketebalannya dan seperti apa jenis garisnya, pilih saja sesuai keinginan. Disini saya akan tetap menggunakan opsi default. Jika sudah, klik “OK”  untuk menutup kotak dialog Region Style dan klik lagi “OK”  untuk menutup kotak dialog Rectangle Object.

langkah 6

Sekarang kotak kavling sudah transparan dan kita bisa mengerjakan sesuatu diatasnya tanpa terhalang kotak tersebut. Kalau ingin kotak kavling tidak selalu ter-klik pada saat kita mengerjakan sesuatu diatasnya, ubah saja “Selectable:” nya di Layer Control menjadi “Off”.

Oh iya, biasanya ada yang bingung masalah satuan di kotak dialog Rectangle Object tadi karena satuannya bukan dalam metrik sepertinya yang kita kenal secara luas di Indonesia. Kalian bisa merubah satuannya menjadi satuan metrik dengan cara klik di toolbar Map –> Option… dan kotak dialog Map Options akan muncul. Pada opsi “Map Units”, ubah opsi di kolom “Distance Units:” dengan satuan “kilometers” dan opsi di kolom “Area Units:” dengan satuan “square kilometers”. Kalian juga bisa mengubah opsi satuan di kolom “Display Coordinates:” menjadi “Degrees Minutes Seconds”. Untuk opsi yang lainnya biarkan saja dalam keadaan default.

langkah 7

Nah, sekian ilmu yang bisa saya bagikan di postingan ini. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk teman-teman, terutama bagi yang baru belajar software MapInfo.

Terimakasih dan….. selamat berlatih!

 

 

 

Advertisements

One thought on “Cara Membuat Batas Daerah Penelitian (Kavling Penelitian) di MapInfo

  1. Pingback: Cara Download File SRTM di Global Mapper | Gæologué

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s