Cara Download File SRTM di Global Mapper

Hai teman-teman! Kali ini saya akan membahas bagaimana cara men-download file SRTM (Shuttle Radar Topography Mission) di program Global Mapper. SRTM adalah salah satu jenis format untuk menampilkan Digital Elevation Model (DEM) yang cukup populer di kalangan pengguna software-software berbasis GIS karena aksesnya yang mudah dan gratis.

Mungkin banyak diantara teman-teman yang sudah memiliki file SRTM se-Pulau Jawa, se-Indonesia, atau bahkan seluruh dunia. Tetapi, apabila kita hanya ingin mengolah data pada daerah penelitian yang cukup kecil (misalkan kita hanya ingin mengolah data dengan luas daerah sebesar 2×2 km, 5×5 km, 10×10 km, dll.) maka tentunya loading file SRTM seluas Pulau Jawa atau bahkan se-Indonesia akan memakan waktu yang cukup lama dan membutuhkan storage management yang lebih besar. Nantinya hal itu akan berdampak pada kecepatan program Global Mapper itu sendiri untuk mengolah data file SRTM karena semua data yang ditampilkan akan diolah oleh Global Mapper tanpa terkecuali.

Data ini nantinya bisa kita gunakan untuk berbagai keperluan pengolahan data GIS, seperti penentuan batas DAS, penambahan sungai intermitten pada peta, bifurcation ratio, dranage density, dan lain-lain yang membutuhkan file SRTM berkapasitas kecil sebagai landasan awal untuk men-generate file tersebut agar berjalan cepat.

Disini saya menggunakan Global Mapper versi 17.0. Mungkin ada beberapa perbedaan tampilan dan pilihan dengan Global Mapper versi yang lebih rendah. Untuk men-donwload file SRTM, tentunya PC atau laptop kalian harus terkoneksi dengan internet. Okay, langsung kita mulai saja!

1. Buka program Global Mapper. Di halaman muka Global Mapper, kita tinggal klik saja link “Open Your Own Data Files” yang cukup besar. Atau bisa juga melalui toolbar File –> Open Data File(s)… (Ctrl + O). Pertama-tama kita buka dulu kavling atau daerah penelitian yang kita ingin download data SRTM-nya. Bagi yang belum tahu cara membuat kavling di MapInfo, bisa lihat disini. Pilih file-nya dan klik “Open”. File yang kita buka adalah file MapInfo, tetapi software GIS lain pun bisa asal kita sudah membuatnya terlebih dahulu. Kotak kavling yang memiliki nilai koordinat akan muncul.

langkah 1

2. Kemudian klik di toolbar File –> Download Online Imagery/Topo/Terrain Maps… dan kotak dialog Select Online Data Source to Download akan muncul. Pada kolom pilihan “Select Data Source”, klik tanda (+) pada opsi “WORLDWIDE DATA” dan pilih opsi “SRTM Worldwide Elevation Data (3-arc-second Resolution)” agar kita mendapatkan data SRTM secara gratis.

Agar kita bisa menentukan daerah mana yang ingin kita download, maka klik saja button “Draw Box”.

langkah 2

3. Kotak dialog Drag a Box to Select Export Bounds akan muncul. Kemudian, kita drag mouse mengikuti kotak kavling yang ada untuk membatasi daerah yang akan kita download. Garis batas kavling akan tertimpa warna kuning hasil draging mouse tadi. Setelah itu klik “OK”. Lalu klik saja “Connect” pada kotak dialog Select Online Data Source to Download dan biarkan program Global Mapper men-download file yang kita inginkan.

langkah 3

Maka file SRTM yang kita inginkan sudah ada!

langkah 5

Nah, mudah bukan? Sekian ilmu yang bisa saya bagikan di postingan kali ini. Semoga bermanfaat untuk teman-teman, terutama bagi yang baru belajar software Global Mapper.

Terima kasih, dan…… selamat berlatih!

Advertisements

One thought on “Cara Download File SRTM di Global Mapper

  1. Pingback: Cara Cepat Membuat Peta Kemiringan Lereng (Morfometri) di Global Mapper | Gæologué

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s