Cara Me-Register Peta RBI di MapInfo

Hai Kawan! Di postingan kali ini saya akan membahas bagaimana cara me-register peta RBI atau peta-peta lainnya yang memiliki format file picture (.jpg, .bmp, .png, dll.) di software berbasis GIS, dalam hal ini saya menggunakan software MapInfo. Hal yang harus kalian tahu bahwa gambar dengan format file picture tidak memiliki nilai-nilai geografis di gambar itu sendiri. Artinya, ketika kita membuka gambar tersebut dan menaruh kursor diatasnya, maka tidak akan muncul nilai geografis yang ada pada peta tersebut. Berbeda jika file tersebut memiliki format .tiff. Gambar ber-file format .tiff sudah memiliki nilai koordinat di setiap sudut gambarnya, walaupun kita tidak akan tahu nilai koordinatnya jika membukanya hanya dengan Windows Photo Viewer atau software pembuka foto biasa lainnya di OS Windows.

Pada dasarnya, register peta adalah suatu cara untuk memberikan nilai acuan tertentu pada software-software berbasis GIS ketika kita ingin memulai suatu perkerjaan untuk pertama kali dengan mengacu pada nilai-nilai koordinat pada peta yang sudah ada sebelumnya. Dalam hal ini, nilai acuan tersebut adalah nilai koordinat di ujung-ujung peta. Ketika kita membuka software GIS pertama kali, maka software tersebut hanya berisi halaman kosong yang tidak memiliki nilai koordinat sama sekali. Kita harus memberikan acuan nilai koordinat terlebih dahulu menggunakan peta RBI, peta geologi, atau peta apapun yang memiliki nilai koordinat pasti jika kita ingin halaman di software tersebut memiliki nilai koordinat pada saat kita menaruh kursor diatasnya. Sehingga selanjutnya kita dapat menentukan titik/lokasi lainnya dengan nilai koordinat yang ada, bahkan diluar dari nilai acuan yang kita berikan.

Okay kita mulai saja. Untuk latihan kali ini saya menggunakan MapInfo 12.0 dan peta RBI Lembar 1309-112 Bantarujeg. Mungkin ada beberapa perbedaan tampilan pada MapInfo versi lebih rendah atau lebih tinggi dari yang saya pakai.

1. Buka program MapInfo.

2. Klik pada toolbar File, kemudian klik Open.

langkah 2

3. Setelah terbuka, maka akan muncul kotak dialog Open. Cari lokasi folder yang ada file peta RBI yang ingin dipakai. File yang kita ingin tampilkan tentu tidak akan muncul karena pada keadaan default“Files of type” akan menunjukkan opsi “MapInfo (*.tab)”. Ubahlah menjadi “Raster Image (*.alg; *.acw; *.jp2;………….)” agar file .jpg atau file picture lainnya mucul. Untuk “Preferred View” biarkan saja tetap di opsi “Automatic”. Jika sudah, klik file-nya kemudian klik Open.

langkah 3

4. Maka akan muncul tampilan berikut. Pilih “Register” karena kita ingin peta kita memiliki nilai acuan koordinat di software ini. Kalau pilih “Display”, kita hanya akan menampilkan peta yang sudah ada tanpa memiliki nilai koordinatnya.

Langkah 4

5. Setelah itu akan muncul kotak dialog Image Registration. Selanjutnya kita harus memberi nilai acuan koordinat yang ada di peta RBI tersebut. Peta RBI memiliki dua sistem nilai koordinat, yaitu sistem koordinat UTM (tulisan berwarna hitam) dan sistem koordinat DMS (tulisan berwarna biru). Kita pakai sistem koordinat DMS saja agar lebih mudah. Klik pada titik pertemuan garis vertikal dan garis horizontal yang memiliki nilai koordinat.

Disini kita akan menggunakan 4 titik sebagai nilai acuan registrasi. Titik pertama yang saya gunakan berada di pojok kiri atas peta, titik kedua di pojok kiri bawah peta, titik ketiga di pojok kanan bawah peta, dan titik keempat di pojok kanan atas peta.

Langkah 5

6. Setelah di-klik akan muncul kotak dialog Add Control Point. Kita harus mengisikan nilai “Map X”  dan “Map Y” dengan nilai koordinat yang tertera pada peta RBI. Tetapi masalahnya, isian kotak “Map X”  dan “Map Y” memiliki satuan degree decimal, sementara koordinat yang tertera pada peta RBI memiliki satuan degree minute second (DMS), sehingga kita harus mengonversinya terlebih dahulu.

Langkah 6

Cara untuk mengonversinya adalah sebagai berikut:

a. Kita tutup dulu saja kota dialog Add Control Point.

b. MapInfo yang baru di-install, biasanya konverter ini belum muncul di toolbar Tools. Kita munculkan dulu dengan cara klik Tools –> Tool Manager… dan akan muncul kotak dialog Tool Manager. Kemudian cari “Degree Converter”. Berikan tanda checklist pada kotak “Loaded” dan “Autoload”. Jika sudah klik “OK”.

konversi b

c. Maka konverter sudah bisa kita gunakan. Untuk menggunakan konverter tersebut, klik Tools –> Converter –> LongLats Calculator –> Convert Coords… Maka akan muncul kotak dialog Convert Longitude/Latitude Coordinates. Pada kotak isian “Coordinates, in degrees-minutes-seconds”  kita isi dengan nilai koordinat yang tertera pada peta RBI. Jika sudah, klik “Convert”. Maka nilai hasil konversi akan muncul pada kotak dialog “Message” di pojok kanan bawah program MapInfo. Isikan juga nilai koordinat untuk 4 sudut peta RBI lainnya pada pertemuan garis vertikal dan horizontalnya.

konversi c

Kita kembali pada kotak dialog Image Registration.

7. Klik untuk titik pertama, kemudian kotak dialog Add Control Point akan muncul. Kotak isian “Map X” digunakan untuk nilai garis bujur. Kita isikan dengan nilai 108.125 (sesuai dengan nilai hasil konversi). Kemudian, kotak isian “Map Y”  digunakan untuk mengisi nilai koordinat dari garis lintang. Kita isikan dengan nilai -6.875. Perlu diperhatikan bahwa kita mengisikan kotak isian “Map Y” dengan membubuhi tanda negatif karena posisi peta RBI yang kita pakai berada di lintang selatan.

Bantarujeg berada di Kabupaten Majalengka, dimana daerah tersebut ada di Pulau Jawa. Untuk kasus lain, misalkan peta RBI yang kita gunakan adalah peta lembar Nunukan (Nunukan berada di Provinsi Kalimantan Utara), maka pada kotak isian “Map Y” tidak perlu dibubuhi tanda negatif karena posisi Nunukan yang berada di lintang utara. Intinya, jika peta yang kita gunakan berada di daerah lintang selatan, kita perlu membubuhi tanda negatif. Begitu juga dengan daerah yang berada di bujur barat.

Untuk kotak isian “Image X” dan “Image Y” kita abaikan dulu saja. Jika sudah, klik “OK”.

langkah 7

8. Titik pertama sudah selesai. Lakukan hal yang sama untuk ketiga titik lainnya. Untuk menambahkan titik, klik “Add” pada kotak dialog Image Registration sehingga nantinya akan ada 4 titik. Nilai “Error (pixels)” harus 0 yang artinya semua titik saling terhubung dengan akurat dan presisi.

Langkah 8

9. Jika nilai “Error (pixels)” nya tidak 0, maka harus dilakukan penyesuaian pada kotak isian “Image X” dan “Image Y”. Karena kita menggunakan 4 titik yang teratur (dimulai dari pojok kiri atas, kemudian pojok diri bawah, pojok kanan bawah, dst.), maka kita dapat menyimpulkan bahwa titik 1 dan titik 2 memiliki persamaan pada nilai X, titik 2 dan titik 3 memiliki persamaan pada nilai Y, dan seterusnya. Kita dapat memasukan nilai pada “Image X” di titik 1 sama dengan nilai pada “Image X” di titik 2. Nilai pada “Image Y” di titik 2 sama dengan nilai pada “Image Y” di titik 3. Dan seterusnya sampai semua “Error (pixels)” bernilai 0.

10. Pada bagian bawah kotak dialog Image Registration, klik “Projection” untuk menentukan format koordinat. Kemudian akan muncul kotak dialog Choose Projection. di bagian “Category”, pilih “Longitude/ Latitude” (opsi ini sudah terpilih pada keadaan default). Pada bagian “Category Members”, pilih opsi “Longitude/ Latitude (WGS 84) [EPSG: 4326]”. Jika sudah, klik “OK” dan tutup kotak dialog Image Registration dengan meng-klik “OK”.

langkah 10

11. Maka akan muncul tampilan layer peta RBI yang sudah memiliki nilai koordinat di program MapInfo. Coba arahkan kursor kemana saja, maka nilai koordinat akan muncul di pojok kiri bawah program Mapinfo.

langkah 11

Kalau kalian ingin membuat suatu geometri diatas peta yang sudah di-register (misal membuat persegi, lingkaran, atau hanya sebuah garis), maka geometri tersebut akan memiliki nilai koordinat, luas, keliling, dan panjang yang sebenarnya menyesuaikan dengan peta.

Sekian ilmu yang dapat saya bagikan pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat.

Dan…….selamat berlatih!

Advertisements

One thought on “Cara Me-Register Peta RBI di MapInfo

  1. Pingback: Cara Membuat Batas Daerah Penelitian (Kavling Penelitian) di MapInfo | Gæologué

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s